Dinkes Ajak MI ICP untuk Membangun Gizi
Dalam Rangka Hari Gizi Nasional Ke-59

By 154n ICP 20 Feb 2019, 07:17:53 WIB Sekolah
Dinkes Ajak MI ICP untuk Membangun Gizi

Gambar : foto bersama dengan petugas dari Din. Kes. Kab. Bojonegoro


Hari Gizi Nasional - Hari sabtu, 16 Pebruari 2019 siswa-siswi MI ICP Nurul Ulum Bojonegoro mulai kelas 3 sampai kelas 5 berkumpul di Aula sekolah. Berkumpulnya siswa-siswi setelah menjalankan rutinitas Dhuha itu bukan tanpa sebab. Iya, karna pagi itu akan kedatangan tamu dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro. Kedatangan rombongan pejabat Dinas Kesehatan itu dalam rangka Hari Gizi Nasional.

Setelah menyapa siswa-siswi MI ICP Nurul Ulum, salah seorang dari pejabat Dinas Kesehatan menyampaikan tentang sejarah Hari Gizi Nasional. Upaya perbaikan gizi masyarakat telah dimulai sejak tahun 1950, yaitu saat Menteri Kesehatan Dokter J Leimena Bapak Gizi Indonesia mengangkat Prof. Poorwo Soedarmo sebagai kepala  Lembaga Makanan Rakyat (LMR), yang waktu itu lebih dikenal sebagai Instituut Voor Volksvoeding (IVV) yang merupakan bagian dari Lembaga Penelitian Kesehatan yang dikenal sebagai Lembaga Eijckman. Prof. Poorwo Soedarmo dikenal sebagai Bapak Gizi Indonesia.

Hari Gizi Nasional (HGN) diselenggarakan untuk memperingati dimulainya pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan oleh LMR pada tanggal 25 Januari 1951. Sejak saat itu pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat di banyak perguruan tinggi di Indonesia. Kemudian disepakati bahwa tanggal 25 Januari di peringati sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia.

Hari Gizi Nasional pertama kali diadakan oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada pertengahan tahun 1960-an, kemudian dilanjutkan oleh Direktorat Gizi Masyarakat sejak tahun 1970-an hingga sekarang. Tema besar HGN di era RPJMN 2015-2019 adalah ''Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi''.
 
Peringatan HGN merupakan momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi melalui gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan, sehingga dapat turut mendorong pencapaian RPJMN bidang kesehatan.

Setelah itu petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro mengajak siswa-siswi MI ICP Nurul Ulum untuk bermain dan bernyanyi bersama. Dan acara pada pagi hari itu ditutup dengan pembagian "box makan" sehat kepada seluruh siswa-siswi MI ICP Nurul Ulum Bojonegoro. 154




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment